Selasa, 24 Agustus 2010

X, Bagian 1 : Awal Yang Pahit

Di sini gue duduk sekarang..
Gue sering berpikir, apa ini pilihan tepat ?
Saat guru-guru SMP gue menyarankan SMA yang dekat, gue pindah haluan menuju SMA yang cukup jauh.. Tujuan gue mulia.. Gue ingin mengentaskan kemiskinan.. (Perasaan gak nyambung..)
Gue mantapkan hati, yakinkan diri, berserah kepada Ilahi..
Di sini gue duduk, dimana cerita cinta gue yang baru tumbuh n berkembang dengan liarnya..

***

Gue sedang asyik melamun ketika teman-teman baru di kelas manggil-manggil nama gue..
"Zar, Nizar, lo jadi Seksi Mading ya ?"
Seseorang yang gue gak tahu namanya terlihat mangap-mangap nanya ke gue..
Gue kaget, cuma bisa ngangguk..
"Hah, apa ? Iya, heeh.."
Gue lihat seorang anak cewek berambut panjang menulis nama gue di papan tulis.. Let's see..
SEKSI MADING
M. Nizar.. Arifin ?
Sontak gue maju n negur yang nulis..
"Khalifi, Mbak.. Bukan Arifin.."
Dia noleh, n gue merasa bumi berhenti sekejap.. JEPP..

Dengan gaya cerewetnya yang khas dia berkoar..
"Ohh, Khalifi ya.. Kirain Arifin.. Pantas rasanya aneh.. Hha.."
N bla bla bla, gue hanya terpana melihat wajahnya..
N kalian sudah tahu kawan, apa yang gue rasakan..
Yang kalian tidak tahu hanyalah, gue menjatuhkan pilihan pada orang yang salah..

Sepulangnya, gue nemuin dia sedang kesulitan mengeluarkan sepeda motornya..
Dengan senang hati gue menolongnya..
N dia tersenyum.. Manis..
Namanya Irene..

***

Gue masih bodoh, seperti waktu SD..
Tapi yang gue tahu, teman-teman gue lebih pintar daripada saat gue SD..

"Gila, lo suka sama Irene ?" Roy, teman-baru-yang-sudah-akrab gue setengah teriak.. Saat ini gue udah hampir dua bulan di SMA baru ini.. N sebagai kaum minoritas, ditambah sikap gue yang pemalu.. Punya teman akrab adalah sesuatu yang sulit..
Gue menutup mulutnya.. "Jangan kenceng-kenceng !"

"Oke, oke, tapi hal yang harus lo sadari sebelumnya.. Si Irene sudah punya pacar.."
Kali ini gue merasakan kembali bumi berhenti berputar.. JEPP..
"Hah ? Serius lo Roy ??"

***

Pacar Irene sekolah di sekolah yang berbeda sekarang.. Dulu memang satu sekolah di SMP.. N mereka jadian sejak kelas 2 SMP.. Jadi udah sekitar setahun..
Kabar burungnya, pacar Irene sudah mulai berani lirik-lirik cewek lain..

Gue sebagai orang bodoh dalam hal percintaan sudah menjelma menjadi orang-bodoh-cinta-yang-disokong-teknologi..
Zaman ini adalah zamannya Friendster atau FS.. Hampir semua orang punya FS saat itu.. N gue yang polos menulis banyak hal di FS gue.. Tentang cinta yang gak kesampaian.. Lengkap dah semuanya.. Yang gue pikir sekarang sangat jambu.. Hedeh..

Gelagat gue yang baik menurut gue ini, tercium oleh teman-teman satu sekolah..
Ajaibnya, ada yang mendukung usaha gue.. Gue kira gue bakal dihakimi masa.. Atau berakhir menjadi kornet.. Tetapi ternyata ada juga yang ngedukung.. Hebat, pikir gue.. Katanya gue lebih baik daripada pacarnya Irene.. Gue merasa geli sendiri..

Gue adalah anak yang culun, kurus kering, dengan rambut agak SKI sisa MOS..
Pacar Irene berotot, berkharisma, n rupawan..

Cukup, perintah otak gue.. Tapi, lakukan, perintah hati gue.. N layaknya orang dimabuk cinta, hati adalah pedoman utama..

***

Suatu siang di bulan November.. Gue sedang nyetrika.. Tiba-tiba handphone gue bunyi.. Sebuah telepon, dari nomor yang gak gue kenal..
Karena gue adalah orang yang polos, gue angkat saja telponnya..
"Assalamualaikum, halo.."
Hening sebentar..
"Ini Nizar ?" Suara dari seberang terdengar..
"Iya, ini siapa ?"
"Ini pacarnya Irene.."
N bumi kembali berhenti berputar.. JEPP..
"Gue denger lo suka sama Irene.. Kalau lo suka, silahkan, tembak aja.. Resikonya tanggung sendiri.."
Gue hanya bisa.. "Heeh.."
Telepon diputus..

Wew..
Ini bukan tantangan biasa..
Ini seperti sebuah pandangan bahwa, "Tembak saja Irene Nizar, dia gak akan milih lo.. Dia cinta mati sama gue.."
Yap, gue terima tantangannya..
Yang masih gue pikir adalah, darimana pacar Irene tahu nomor handphone gue ?
Jawabannya segera datang..

Bip bip, sms masuk..
Dari Irene..
Zar, pacarku ada nelpon ? Sori, tadi dia minta nomor lo.. Karena gue habis tidur siang, langsung gue kasih.. Gak tahunya katanya dia nelpon lo.. Sori banget Zar..

Skak Mat.. Konspirasi ?

***

Gue merasakan perubahan sikap Irene ke gue.. Dia jadi agak cuek n gak supel kaya dulu lagi.. Sms gue gak ada dibalas.. N gue pikir, ada yang gak beres.. N memang sudah gak beres dari awal kalau lo suka sama orang yang udah punya pacar..

Kebodohan gue masih kumat, n dengan sokongan teknologi, tambah parah kayanya..
Seperti saat ini, saat gue buka artikel di Internet..
"Cewek yang menjauhin lo, menanti lo untuk menembak.."
Gue ingat tantangan pacar Irene.. N gue merasa siap.. Siap malu, siap mati.. Walau hanya lewat sms..
Tapi, ntar lah.. Saat ini bulan Januari.. N skul gue ngadain acara HUT yang cukup besar.. Sebagai panitia, gue harus profesional karena Irene juga panitia n di seksi yang sama.. Seksi perlengkapan..

***

Mengulang kejadian di SD, sebenarnya kejadian ini hampir persis sama..
Berita gue suka Irene sudah menyebar satu sekolah.. N kaka-kaka kelas juga pada tahu.. Jadi wajar kalau panitia kaka kelas memasukkan gue n Irene di seksi yang sama.. Sebagai bentuk "agar ada yang bisa diejek, ciyee ciyee.."

Kecuekan yang dulu ada seolah sirna..
Gue n Irene bahu membahu membantu pelaksanaan HUT.. Bersama panitia Seksi Perelengkapan yang lain.. N sikapnya gue pikir, *ehm* lain.. Berbeda saat pertama bertemu, saat dia menamai gue Arifin..
Mulai dari dia ngejambak gue saat gue lagi benerin mike, sampai saat dia ntraktir sate.. Gue balas dengan ntraktir Aqua 2 gelas..
Kata Inggrid, cewek yang ngedukung langkah gue, itu salah satu cara Irene minta perhatian gue..
Kata Yono, sohib sekelas gue, kami udah kaya orang pacaran.. N yang gue tahu Yono itu orangnya sok tahu + sotoy.. Saat itu aja, dia gak punya pacar.. Darimana dia tahu ciri-ciri orang pacaran ?
Yang jelas, gue tahu gue salah.. Harusnya gue gak ngedeketin cewek yang udah punya pacar..
Cowok macam apa gue ini ? Hermaphrodit kah ?

Sudah terlanjur, hati gue kembali ngomong..
Mungkin kalau saat itu dia gak terikat hati, gue bisa dapat..
Salahnya ya itu tadi, gue menjatuhkan hati di tempat yang sudah ada hati lain.. Bahkan lebih besar..
N satu kata yang menggantung, antara pasti atau mustahil.. MUNGKIN..

HUT selesai.. Sukses, Alhamdulillah..
Inilah saatnya, pikir gue..
Gue pemalu, *lagipula ini nembak cewek orang, apa gak malu-maluin kalau di tengah orang banyak ?* jadi gue cuma berani lewat sms..

Basa-basi bentar, ngebahas masalah HUT..
Langsung ke topik..
Gue bilang,
Irene, lo ingat waktu pacar lo nelpon gue ?
Dia nantang gue buat nembak lo..
N sekarang gue mau bilang..
Gue suka sama lo, Irene..
(Sekarang gue merasa kata-kata ini seperti anak SMP baru tau cewek..)
Hening..
Sori Zar, lo harusnya tahu salah kalau suka sama gue.. Gue udah punya pacar kan.. Walau banyak berita miring, tapi gue percaya sama dia.. Dia gak akan berani lirik-lirik cewek lain.. Itu cuma gosip doang.. Nah, carilah cewek lain aja ya Zar.. (Irene memang kalau ngomong panjang lebar, bahkan di sms sekalipun..)

N gue ditolak dengan alasan yang pasti semua orang sudah tahu.. Irene sudah punya pacar..
N gue merasa artikel Internet itu benar.. Sekarang kan Irene gak ngecuekin gue.. Ya wajar kalau gue ditolak.. Hahaha.. *maksa*
1 lagi, pandangan pacar Irene terhadap gue itu ternyata memang benar adanya.. "Dia cinta mati.."

Cukup..
Hati gue udah keterlaluan..
Walau rasa itu masih ada, inilah saatnya untuk move on.. Lagipula Irene sudah minta cari cewek lain.. Ya sudahlah.. *sok tegar*

Kali ini gue rasakan bumi berputar dua kali lebih cepat..





*Ini keadaan gue waktu kelas X.. Begitu tragis n mengenaskan.. Semua karena cinta n kebodohan gue.. Hha..*

3 komentar: