Senin, 06 September 2010

Aaah.. Banjarmasin Di Malam SMUT..

SMUT, 15 Februari 2010..
Bukanlah sebuah nama binatang, tetapi sebuah ajang seleksi siswa-siswi yang rencananya lulus SMA untuk memasuki gerbang kemahasiswaan di Universitas Lambung Mangkurat..

Tempat tes ditentukan di Banjarmasin, ibukota dari Kalimantan Selatan..
Sekitar 38 km dari rumah gue, bukanlah hal mudah untuk datang tepat jam setengah 8..
Menimbulkan sebuah ide cemerlang dari umat-umat..
"Gimana kalau kita nginep ?"

***

Sudah diputuskan untuk menginap di rumah neneknya Yusro di Banjarmasin.. Tak cukup jauh dari tempat tes..
6 orang yang cukup beruntung untuk ikut adalah gue, Rizal, Wima, Galih, Demas, n Yusro.. Tanpa Yusro, kami gak bisa nginep..
Sedangkan 1 orang yang ikut tapi gak nginep akan kita bahas nanti karena nasib tragisnya..

Setelah cek tempat tes, kami menuju tempat menginap..
Sore yang melelahkan kami isi dengan belajar.. Sampai capek..
Tak terasa sore berlalu, Maghrib, Isya..
Selepas Isya, Demas merasa lapar..
Gue juga..
Rizal juga..
Galih juga..
Wima juga..
Dan Yusro juga..
Singkatnya kami semua merasa lapar..

Berhubung kami datang dengan mendadak, kami juga harus makan dengan mendadak..
Dengan kata lain, cari makan di warung..

Dari masjid di sebelah rumah nenek Yusro, kami mengganti baju dari baju koko menjadi baju santai di rumah nenek Yusro..
Sayangnya, Galih yang tidak tahan dingin tetap memakai sarung..
Sambil menggulung-gulung sarung di badan, Galih keluar rumah.. kami mengikuti di belakang..
Gue sambil bawa-bawa air mineral yang gue minum.. Kebiasaan minum gue adalah menaruh deposito yang banyak di mulut, lalu ditelan pelan-pelan..
Intinya, air minum itu gue kulum di mulut kaya orang kumur-kumur baru gue telan dikit-dikit..
N malapetaka pertama terjadi..

Sarung Galih nyangkut di standar sepeda motor n Galih jatuh terjerembab..
Semua ketawa terbahak-bahak melihat kejadian itu.. Gue ? Ikut ketawa juga..
Berhubung di mulut gue ada air, maka..
BYUR.. CEPLAS..
Tumpahlah air di mulut itu, menyebar tak tentu arah.. Bersama dengan tawa gue, mengenai orang-orang yang juga ketawa..
Seketika itu juga tawa itu lenyap, berganti dengan sumpah serapah..
Galih yang meringis kesakitan, n Demas lari-lari sambil teriak bencong.. "Aaah, kalian semua akan terkena kudis !! KUDIS TEMAN-TEMAN.."
Gue disumpahin..

Setelah belok kiri, kami tiba di dua buah rumah makan..
Satu agak sepi, satunya agak ramai..
Yang ramai barusan terjadi pembunuhan, jadi ramai..
Ya gak lah..

Menurut analisa teman-teman, warung yang ramai bisa jadi makanannya enak..
Jadi kami menuju yang ramai..
Lengkap sudah semua duduk, lagi milih-milih makanan, datang pengamen..
"Ah, belum juga makan, ada pengamen.." Yusro mengeluh..
Sedangkan Rizal mencari-cari headset.. Wima ingin ikutan nyanyi, tapi kami cegah daripada kami mati kelaparan ditinggal seisi warung..
Dengan perasaan dermawan, kami menyerahkan Demas sebagai sumbangsih untuk Mister Pengamen..
Pengamen berterimakasih dan pulang..

Setelah Demas kabur, kami pun selesai memilih makanan..
Gue, Wima, n Galih memilih nasi goreng ayam.. Soalnya kedengaran keren.. Nasi yang notabene benda mati, bisa menggoreng ayam..
Yusro, Rizal, n Demas memilih Ayam goreng lalapan.. Menurut gue, gak keren.. Ayam kan benda hidup.. Wajar bisa menggoreng lalapan..
Sebagai pelengkap, gue membeli hati goreng yang terlihat murah.. Dua ribu rupiah.. Dengan kerennya gue menawarkan hati ini pada teman-teman yang mau..
Mereka memuji-muji gue, n gue merasa tersanjung..

Tak lupa kami membeli minum..
Gue adalah penikmat kopi..
N terdapat penawaran menarik..
Gue lihat harga kopi hangat adalah seribu rupiah..
Gue tunjukkin hal ini ke teman-teman, mereka gak percaya..
Banyak celetukan yang timbul, kopinya basi lah, atau sebenarnya itu bukan kopi.. Tetapi oli.. Tapi gue udah yakin dengan pilihan gue..

Semua minuman telah datang.. Termasuk kopi gue yang murah.. Hmm, ternyata rasanya gak murahan.. Gue kagum dengan pemilik warung yang berani memasang harga kopi lebih murah daripada teh..
Makanan pun datang.. Tapi gak semua..
3 nasi goreng yang datang lebih dulu..
Gue yang udah kelaparan, meminta izin pada ayam-ayam goreng lalapan untuk makan duluan, n mereka menyanggupi..
Sudah gue katakan, pilihan gue memang keren..
Wima n Galih yang juga sudah lapar pun ikut makan..
Gue tau, 3 orang yang lain juga sudah lapar.. Tapi apa boleh buat.. Insting binatang ini sudah memaksa makan..
Nasi goreng pun habis dengan indahnya, tetapi makanan lain belum datang.. Termasuk hati goreng yang rencananya mau gue bagi-bagikan..

Demas yang gelisah sudah bolak-balik dari meja ke meja.. Melihat-lihat yang goreng ayam..
Gue lihat Wima terlihat berbeda.. Dia menjadi lebih.. Tampan ?!
Bukan, dia terlihat gatal.. Menggaruk-garuk tangan..
N muncullah bercak-bercak merah..
"Gue sebenarnya alergi ayam.." Wima terlihat pasrah..
Yang lain, memuji keberanian Wima memakan ayam..

Akhirnya makanan datang !!
3 orang yang kelaparan, langsung melibas makanan yang ada..
N hati goreng gue datang !!
Tapi..
Porsinya jauh dari harapan gue..
N sepertinya sesuai dengan harganya yang dua ribu rupiah..
Yang lain ketawa, Wima masih gatal, Galih masih sakit..
N semua sepakat, kasian dengan gue sehingga gak ada yang mau makan hati goreng gue..
Padahal jujur, gue masih mencintainya gue ikhlas memberi hati ini pada kalian teman-teman..

Tibalah saat bayar !!
Dengan perhitungan gue, gue akan membayar sebelas ribu rupiah.. Jauh di bawah teman-teman lain.. Padahal gue minum kopi..
Yang lain cuma teh..
Dengan bangganya gue mendeklarasikan diri untuk bayar duluan..
Sesampai di kasir..
Empat belas ribu ?
Gue shock..
Semua terjadi karena kesalahan daftar harga n kecerobohan gue..
Terlihat seperti ini..

Teh Es Rp. 3000
Fanta, Coca Cola, Rp. 5000
Sprite Rp. 4000
Kopi Panas Rp. 1000
Teh Tawar Rp. 3000
Sirup Es

Let me explain..
Sebenarnya, Fanta, Coca Cola, Sprite adalah satu kesatuan..
Harganya lima ribu..
Tapi, karena kesalahan format, terlihat Fanta, Coca Cola, Sprite terpisah dua, dengan harga yang berbeda..
Padahal yang sebenarnya berharga seribu adalah Teh Tawar..
Dan harga Kopi Panas adalah..
Kalian pasti tau..

Gue menelan ludah..
N kembali menelan tawa teman-teman..
Akhirnya kami kembali ke rumah nenek Yusro..

Di perjalanan, kami menyinggahi toko obat.. Membeli CTM alias obat anti alergi untuk Wima yang sudah keluar bercak-bercak yang semakin ganas..
Kata Demas itu "Beliman" semacam alergi..
Entah apakah "Beliman" mempengaruhi kerja otak Wima..
Jadinya begini..

Penjual Obat (PO) : Cari apa De ?
Wima (W) : CTM ada Pak ?
PO : Ada, sekotaknya 700 rupiah.. Isinya 10 biji..
W : Sebiji aja bisa Pak ?
PO : ???

Wew, Wima, Wima.. Sekotaknya aja di bawah seribu, mau beli sebiji aja ?
Apakah Wima punya uang 70 rupiah ?
Wima memang kelewat pintar..
*Selewat info, Wima akhirnya lulus USM STAN.. (Satu-satunya wakil dari SMA N 1 Banjarbaru) Kita ucapkan selamat !!*

Sesampai di rumah nenek Yusro, kami melanjutkan belajar..
Tapi gue udah gak mood belajar..
Demas mengeluarkan sebuah permainan kartu..
Namanya kartu UNO..
N kami ketagihan main..
Kecuali Rizal yang sok dewasa..
Tak lama kemudian Rizal tidur.. (Terlihat kalau sebenarnya Rizal ngantuk.. Karena keesokan paginya Rizal memaksa-maksa kami untuk main UNO..)
Wima yang terkena pengaruh CTM, setelah mengoleskan bedak ke seluruh badan juga tidur..
Mereka tidur di kamar..
Sambil bermain UNO, kami mendapat ide nakal..
Bagaimana kalau mereka kami foto ?
Dengan hormat, gue n Yusro melaksanakan tugas ini..
N kami pun bertugas..


*Yang tengkurap adalah Rizal, sisanya Wima..*

Proses sakral : Penaburan bedak..


*Sebelum..*


*Yusro melakukan upacara sakral..*


*Sesudah..*


*Wajah Wima yang memang sudah berbedak..*


*Tebak, apa dan siapa ?*


*Tiba-tiba Wima mengigau n mengamuk..*

Tuntas dalam tugas, kami pun kembali ke ruang tengah untuk tidur..
Awalnya memang mau tidur.. Akhirnya yang pertama tidur adalah Galih..
Demas membuka percakapan.. Ujung-ujungnya dia curhat ?!
Yusro yang kelihatannya tidur sebenarnya mencuri dengar..
Curhat Demas sangat beragam, n gue yakin cerita itu bisa dibikin novel..

Waktu berlalu.. Jarum pendek menunjukkan angka 4..
Akhirnya gue baru bisa tidur..
Apakah kami siap untuk SMUT ?

2 komentar: