Minggu, 17 Agustus 2014

Biasa Karena Terbiasa

Sejak awal di kantor ini, tepatnya ketika magang. Mei 2013. Gue bertugas di seksi Kepatuhan Internal (KI). Kepala Seksi (Kasi) gue waktu itu seorang yang lumayan alim. Sekarang udah pindah. Pak Aziz namanya.

Belum sebulan gue kerja, ketika masuk waktu sholat Dzuhur, rupa-rupanya belum ada yang adzan. Dari beberapa hari sebelumnya emang sering telat sih. Keduluan suara adzan dari mesjid-mesjid sekitar pelabuhan. Sekonyong-konyong Pak Aziz muncul kemudian menyuruh gue untuk adzan. Namanya disuruh atasan, mau gak mau ya harus mau *prinsip gue sih, soalnya gue juga tahu ada beberapa pegawai yang kalau gak mau, di belakang atasannya yang nyuruh dia nyuruh pegawai lain. Yaa, namanya sifat manusia beda-beda lah*

Sejak saat itu gue jadi muadzin tetap waktu sholat Dzuhur. Awalnya waktu shalat Ashar juga gue yang adzan. Setelah gue perhatikan, karena waktu Dzuhur lumayan banyak pegawai yang istirahat siang pulang ke rumah sedangkan waktu Ashar gak, biasanya yang telat masuk musholla shalatnya belakangan n himpit-himpitan. Gue yang adzan jelas di depan n rasa kemanusiaan gue menggelitik "rasanya gak enak aja pegawai baru ini enak-enakan di depan sementara bapak-bapak yang lebih senior di belakang" *lagi-lagi ini masalah prinsip pembaca* jadi gue putuskan kalau pas Ashar agak telat. Untungnya ada bapak pegawai yang rajin adzan Ashar pada waktunya. Kalau siang beliau pulang, makanya adzan Dzuhur jadi jatah gue.

Ini berlanjut sampai sekarang. Sebenarnya kalau ditilik ke belakang, semestinya yang jadi marbot adalah bapak-bapak n mas-mas Cleaning Sevice (CS) yang bertugas merapikan musholla n adzan ketika waktunya. Tapi seringnya telat. Karena gue selalu on time, jadilah gue yang pertama datang ke musholla sebelum Dzuhur. Menggelar kain buat alas sujud, ngerapikan sejadah imam, n akhirnya adzan. Awalnya memang karena ruang KI dekat musholla. Gue udah 2 kali rolling seksi n sekarang di seksi keuangan yang menurut perhitungan gue paling jauh jaraknya menuju musholla. Langkanya, karena kantor ini terbiasa gue yang adzan Dzuhur, gue lah yang dicari n ditasbihkan sebagai muadzin tetap waktu Dzuhur.

Pernah sekali gue sibuk banget. FYI, di seksi sekarang kerjaan ada selalu. Ketika masuk waktu Dzuhur, gue sengaja gak ke musholla. "Ntar aja lah, toh paling ada aja yang adzan ntar." Gak tahunya, kepala seksi gue malah nyari gue n nyuruh gue yang adzan. Tak bisa lagi beralasan sibuk, gue lari-lari ke musholla. *ppfft, mental peninggalan zaman OSPEK SMA masih ada*

Akhir-akhir ini. Setelah bulan puasa, semenjak SK gue keluar. Alhamdulillah gaji gue udah dibayarkan. Sehingga gue n teman-teman seangkatan gue yang sebelumnya buat makan siang dikasih kantor, gak diberi lagi. Jadi tiap siang nyari makan di luar.

Pernah seminggu gue selalu makan di luar. Sebenarnya kalau regular schedule gue adzan dulu baru makan sih. *Ya, jiwa marbot musholla pun sudah tertanam* Entahlah saat itu teman selalu ngajak berangkat nyari makan siang jam 12. Balik jam 1. Waktu adzan udah lewat n gue berpikir mas-mas CS pasti yang adzan.

Sekitar hari Kamis kemarin gue mau ke WC pas lewat ketika mas-mas CS lagi pada ngumpul nyiapin meja buat acara di aula. Seketika gue disindir halus menjurus verbal "Nizar lah wahini jarang adzan, sibuk banar wahini lah" artinya kurang lebih "Nizar sekarang udah jarang adzan, sibuk banget nih ye, jomblo ya?"

Oke, sekarang gue tanya.
Yang sebenarnya tugasnya adzan siapa?
Yang mestinya membereskan musholla siapa?
Kalau misalnya gue gak bisa, yaa mestinya semua terjadi seperti biasa. Toh, gue gak secara resmi jadi marbot musholla. Semua berawal dari perintah Pak Aziz.

Bukannya gue gak suka aja. Gue seneng adzan. Yang jadi pertanyaan adalah, kebiasaan yang semestinya bukan gue yang ngelakuin, karena orang-orang biasa ngelihat gue yang ngelakuin, akhirnya setiap ditanya "siapa yang mestinya adzan Dzuhur sih?" "oh, itu si Nizar" helloow.. bukan gue kali. -_-

Percayalah kawan, ketika memasuki dunia kerja. Siapa yang terlihat rajin akan sering disuruh-suruh kerjaan yang bahkan bukan tugasnya. Entah itu yang berhubungan dengan kantor, atau disuruh beli buah ke pasar.
Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar