Selasa, 01 Juni 2010

Anak Tukang Minyak

Anak tukang minyak, berlari-lari.. Bermain bersama teman-temannya di daerah konflik.. Kasian dia.. Orang tuanya masih pergi.. Berjualan minyak.. Minyak tanah, minyak angin, minyak djinggo.. Anak tukang minyak itu kehilangan kasih sayang dari kedua orang tuanya..


*kalo yang ini, anak tukang pentol.. Hhe..*

Cerita di atas akan pembaca temukan di acara "Jalinan Kasih", bukan di blog ini.. Loh ? Jadi apa maksudnya semua ini ? Mungkin anda-anda sekalian langsung teriak-teriak, "kembalikan uang kami ! Air ! Air !!" rusuh semua, rusuh ! Lalu Pak Kepala Desa keluar dari kantor.. "ini ada apa ? Ada yang dibahas ? Silahkan masuk ke kantor.." Terus akhirnya Pak Kades ngejelasin dengan bijaksana.. "Oh, itu ya masalahnya.. Hmm, coba disingkat.. Jadi gimana bacanya ?"

ateem
ATM
oh, ATM !
ATM ?

masih bingung ? Silahkan pecahkan monitor di depan anda..
masih gak tau ATM ?



nah, sekarang udah dapat pencerahan kan ?
ATM itu, tempat dimana orang-orang bisa ngambil duit.. Berapa aja.. Tapi syaratnya harus punya kartu ATM, jangan pernah masukin kartu Amazon dengan harapan keluar koin.. Atau loe semua ngira ATM ini mesin arcade baru..

Ini pengalaman baru gue, saat baru aja menerima pengumuman UAN.. Alhamdulillah lulus.. Tapi gue masih gak tenang karena mau ke belakang.. Di saat keadaan genting, tiba-tiba gue ditabok dari belakang.. DUAR !! Gue langsung pipis di celana..

Ternyata yang nabok adalah makhluk gelap.. Dipenuhi aura mistis dan kejahatan, bernama Rizal.. Dengan senyumnya yang membuat setan kabur, dia mengajak gue melakukan kegiatan kriminal terbesar.. Terheboh.. Fantastis..

Ajeb, Rizal ngajak gue ke ATM.. Bukan buat merampok, dia cuma pengen membuktikan kalo ATM itu ada n bukan khayalannya belaka saja.. Karena tadi malam dia bermimpi, bertemu seseorang yang renta yang memberikan pencerahan kalau besok dia akan lulus.. Dan setelah kamu lulus anakku, kata orang tua itu.. Kamu harus datang ke ATM n ATM tersebut harus dicium.. Karena orang tua kamu sebenarnya adalah ATM.. Mereka dikutuk karena melahirkan kamu.. Setelah itu, kakek renta tadi menghilang, dan Rizal bangun dengan perasaan depresi yang begitu berat, seperti hamil 15 bulan dan belum juga mau melahirkan..

Sebuah panggilan menyadarkan Rizal.. Ternyata dari Bokapnya.. Rizal curiga, Bokapnya ini, bukanlah Bokap kandungnya.. Tapi dia tetap datang saat dipanggil, pergi saat diusir, dan jongkok saat mau boker..

Bokap yang masih dicurigai ini, ternyata memberikan tugas yang teramat sangat maha berat bagi seekor kucing yang baru dilindas truk.. Ternyata dia harus mengambil uang sebesar 100ribu Rupiah, dari ATM sebuah Bank.. Sebut saja Bank Pasar Kambing, Anggaran Usaha (BAPAK AGUS)..

Rizal yang masih trauma dengan ATM, akhirnya bercerita pada Bokapnya tentang mimpinya tadi.. Bokapnya akhirnya sadar, tidak baik mempunyai rahasia dengan anak.. Akhirnya dia memberikan sebuah kartu ATM yang masih mengkilat kepada Rizal.. "Anakku, ini adalah Ibumu.." Rizal pingsan, dan saat tersadar, jam masih menunjukkan pukul 6 pagi.. Ternyata semua itu hanyalah mimpi buruk.. Tetapi mengapa terasa nyata, pikir Rizal.. Apakah karena tadi malam gue lupa makan pizza.. Akhirnya dia sadar, seumur hidup belum pernah makan pizza.. Dia juga sadar kalau ternyata Firman itu ganteng.. Tapi dia baru sadar, saat berdiri dia merasakan sesuatu yang janggal.. MUNGKINKAH RIZAL HAMIL ?

Ternyata tidak, kartu ATM yang masih mengkilat tadi benar-benar ada dan terselip di dalam celana dalamnya.. Disertai sebuah catatan kecil..

"Anakku,
tolong ambilkan uang 100ribu dari ATM BAPAK AGUS..
Ayahanda sedang sakit..
Tolonglah anakku..

Peluk Cium, Ayahanda"

Rizal menangis, n segera bangkit..
Dia ingin Ayahnya cepat sembuh..
Dia ingin menuntaskan kewajiban ini..
Dia ingin menikah dengan Dian Sastro..

Tapi masalahnya, dia belum pernah ke ATM.. Makanya ngajak gue.. N yang lebih parah, kenapa dia ngajak gue.. Gue memang pernah ke ATM, tapi cuma buat ngadem kalo hari panas.. Gue gak pernah melakukan transaksi.. Apalagi yang namanya putaw.. Gue gak tau.. Sumpah..

Akhirnya, kami melakukan perjalanan menuju ATM BAPAK AGUS.. Kami menemui banyak rintangan di perjalanan.. Dari menyeberangkan nenek, sampai bertarung melawan Orochimaru.. Akhirnya kami sampai di ATM BAPAK AGUS..

Gue liat Rizal senyum-senyum najong sambil ngeliat ATM.. Gue merasa ada kedekatan psikis, mentalis, dan narsis antara Rizal dengan ATM ini.. Apakah mimpi itu benar ? Gue tonjok Rizal, akhirnya dia sadar lagi..

Di dalam, gue liat ada bapak-bapak.. Kayanya dia ngambil duit.. Ya iyalah, masa dia boker di ATM.. Iseng-iseng gue liat peraturan di ATM.. Ada lambang helm disilang.. Rizal nanya..
"Zar, kenapa gak boleh makai helm ?"
gue jawab secara ilmiah dan pasti, "Kalo pakai helm, ntar loe disangka penjahat.. Mau membobol.. Masuk penjara loe ! Mau loe ! Mau !" gue jawab sambil nodong-nodong pisau..
"Ya gak bongol (Bodoh.Red), loe kira di dalam tu ojek.. Makanya gak boleh pake helm.." jawabnya.. Garing..

Tibalah giliran kami mainin ATM.. Yes, yes.. Setelah mengantri 2 menit 5 detik.. Gue bisa ngadem di dalam n sok-sok bisa ngajarin Rizal make ATM.. *gue gak bilang ke Rizal kalo gue belum pernah juga make ATM, setahu Rizal gue bisa karena di skul dulu gue sering jadi pengatur sound system acara skul*

Pertamanya, Rizal dah bingung apa dan bagaimana yang harus dilakukan dulu.. Gue yang sering liat Bokap gue, akhirnya kasihan n menawarkan diri dengan lembutnya.. "Sini Zal, gue aja.." Rizal berterimakasih, lalu pulang..

Gak, gak.. Gue ambil secara paksa dompetnya, trus gue ambil kartunya.. Gue masukin ke tempat sampah, eh bukan, ke mesin ATM..

BEEP, BEEP, BEEP, bunyi hujan di atas genting..

BEEP, ATM berbunyi tanda baik jalannya..
Terus muncul tulisan di layar ATM, "Maaf, wajah teman anda mengganggu kinerja kami.." gue suruh Rizal keluar, tapi dia gak mau.. Ya udah, uangnya keluar seribu aja, gak tanggung gue..

Pertama milih bahasa.. Ini mudah banget, pilihannya cuma dua, Indonesia atau Inggris.. Gue mau nyombong dikit, jadi milih Indonesia.. Soalnya, soal Bahasa Indonesia lebih sulit daripada Bahasa Inggris..

Kedua, masukkan PIN.. Gue nanya Rizal.. "PIN-nya berapa ?".. Rizal dengan gaya khasnya menjawab, "Perlukah ?"
N : Iya, cepat !
R : Bentar.. (ngeluarin hape)
R : *Lama*
N : Zal, orang-orang antri tu di belakang.. Cepat !
R : Hape-nya gak bisa nyala nih..
N : Hah, apa hubungannya ?
R : PIN-nya gue catat di hape..
N : Gubrak, trus gimana ?
R : Gue pake seingat gue aja deh.. PIN-nya !@%$..
N : Bener nih ? *Sambil masukin nomor PIN*

Dan.. Wallaaaa.. Keluar kotak nomor tiga yang isinya mobil !!
Bukan cuy, tapi keluar kotak selanjutnya.. Pilih uang..
Artinya PIN Rizal benar *mungkin*, Rizal dah ketawa-ketawa sendiri.. Merasa dirinya sehebat Einstein dalam hal daya ingat..

Ini bagian paling menarik, karena gue ngeliat ada 800ribu.. Tapi karena Rizal disuruh cuma 100ribu, ya gue pilih itu..

"Nah Zal, tunggu aja.. Pokoknya, ngambil uangnya harus cepat.. Kalau lambat, uangnya disedot lagi.." *gue takut-takutin*
BEEP.. Slip transaksi keluar..
Gue ambil, gue baca.. N Rizal pingsan..

"Nomor PIN Anda salah"

Begitu yang tertera pada slip transaksi.. Pengen rasanya gue ketawa sampe muncrat ke Rizal.. Tapi karena dia pingsan, gue gotong aja keluar..

Akhirnya Rizal sadar, n ketawa-ketawa sendiri juga.. Gue motivasi dia n hapenya biar bisa nyala n mengatakan apa PIN sebenarnya.. Alhamdulillah, akhirnya bisa ! Yeah, kami mengantri *lagi*..

Kami ulangi langkah-langkah tadi.. Kecuali masalah PIN yang dibetulkan.. Rizal udah kaya anak-anak yang jaga permen di tempat keluarnya duit.. Gue santai aja..
BEEP, slip transaksi keluar lagi..

"Maaf, saldo anda tidak mencukupi untuk melakukan transaksi"

GUBRAK !!! Tiba-tiba meteor jatuh ke kepala gue n kepala Rizal..
Di luar, Rizal nelpon Bokapnya.. Gue nguping, kedengaran suara ketawa aja.. Tuut, telepon diputus.. "Kampr*t, gue dikerjain Bokap gue.." Rizal frustasi, guling-guling..

Gue hanya bisa nyengir kuda..

Dua orang mafia, pembobol ATM..

3 komentar:

  1. hwahahahahahahaha......

    Ayah Rizal seorang pelawak kelas KAKAPPPP...

    gkgkgk...jahil abissss...

    eh,knapa ngaran abahku dibawa2 tuh???hrrrgggghhh....

    BalasHapus
  2. hahahahahaa.....lihat senyum mereka sebelum meteor itu jatuh.. =)

    BalasHapus