Senin, 22 November 2010

Sebut Saja Ini Hujan

Senin, 22 November 2010.. Selepas kuliah fisika dasar..

Hari terkesan mendung ketika gue, Andre, n Nida Kasma keluar dari sebuah acara.. Kronologis sebelumnya adalah, gue n Andre satu fakultas, jadi ke acara itu bareng.. Di jalan kami ketemu Nida, eh dia mau ikut.. Berhubung bensinnya habis, jadi dia ninggalin motornya di parkiran fakultasnya n nebeng gue..

Jadi, misi gue sekarang adalah ngantar Nida kembali ke fakultasnya.. Andre pulang ke arah yang berlainan, jadi dengan kata-kata sebijak orang tua yang melepas anaknya sunat, Andre mesanin gue.. "Zar, gue titipin Nida.. Harus sampai ke fakultasnya.. Inget lo.." Gue yang terbiasa menerima tanggung jawab dengan penuh perhatian dan bersahaja hanya bisa mengangguk.. Terharu..

Jadilah kami berpisah jalan dengan Andre.. Selepas Lapangan Murdjani, gue merasa ada yang gak beres.. Entah itu pipis burung atau pipis kalong, gue merasa ada titik-titik air menyentuh kulit gue.. Akhirnya gue sadar kalau hujan mulai turun.. "Nid, sepertinya mau turun hujan.." Gue berkata dengan maksud mulia.. Mungkin Nida belum sadar ini hujan dan mengira ini adalah keringatnya sendiri yang berloncatan dari kulit.. Ternyata gue salah.. "Eh, iya Zar.. Haduh, gimana nih ?" Gue berusaha berkata seganteng mungkin n bilang kalau keadaan masih aman dan terkendali.. Tak ditanya, 100 meter di depan motor gue, hujan lebat menanti dengan kecepatan 1 m/s.. Gue hanya punya waktu 100 detik untuk mengambil keputusan.. "Nid, pakai jas hujan gak apa-apa kan ?" "Gak apa-apa, kalau di motor gue juga ada jas hujan.. Udah biasa.." Nida menjawab santai.. Oke, gue menepi n ngeluarin jas hujan.. Bukan buat dijual, tapi buat dipakai..

Sret, sret, sret.. Jas hujan dipakai.. N perjalanan dilanjutkan.. Sebelumnya, gue selalu merasa yakin kalau jas hujan gak cocok dipakai buat boncengan, apalagi sambil bawa tas.. Tapi, wajah Andre yang tampan terngiang-ngiang di benak gue.. Gue harus nganterin Nida sampai fakultasnya.. Titik..

Hujan masih bersahabat saat melewati Komet Raya.. Ajaibnya, di depan Mesjid Khanzul Khairat, intensitas hujan bertambah 250% !! Gue masih bisa ngendaliin motor.. Sedangkan Nida di belakang berceloteh.. "Lebat banget, lebat banget.." Iya, gue tau Nida..

Sialnya, sepatu gue jadi basah.. Ternyata di Simpang Tiga banjir.. Oh, sh!t pikir gue.. Sepatu cuma satu.. Semoga besok kering.. Di jalan, Nida bilang ke gue.. "Parkirnya di daerah fakultas Galih aja.. Dekat dengan fakultas gue".. Sepertinya hujan tidak mengizinkan, karena ternyata daerah universitas mengalami banjir yang cukup dalam.. Gue baru tahu sekarang.. N sekarang gue berpikir akan lebih aman jika langsung ke parkiran fakultas Nida aja.. N gue benar..

Nida masih berceloteh "Lebat banget, lebat banget.." N mengeluhkan roknya yang sekarang katanya basah.. Gue merasa pertahanan jas hujan gue juga udah lemah.. Tetes-tetes air menenmbus baju n celana gue.. Badai masih bertahan n tepat di hadapan jalan menuju fakultas Galih, gue ketemu tantangan baru.. Pohon tumbang..

"Niid ! Ada pohon tumbang !!" gantian gue yang celoteh gak karuan.. Nida ternyata tambah heboh.. Sampai-sampai gue gak bisa mencerna dia ngomong apa.. Berbekal kemampuan SIM C gue, dengan lihai gue memperdaya pohon n berhasil melewatinya.. Hore !! Gue mau selebrasi kaya Messi, tapi gue sadar lagi badai, gue di motor, n gue bukan pemain bola.. Mendadak wajah Andre yang tampan muncul di kaca helm gue..

"Harus sampai ke fakultasnya.. Inget lo.." Gue kaget.. Benar, harus sampai fakultas Nida, bukan fakultas Galih yang kata Nida dekat dengan fakultasnya.. "Zar, Zar, Stop !!" pekik Nida.. Cuaca masih badai n gue memutar motor.. Kembali melewati pohon tumbang, selebrasi, n berlalu..

"Lho ? Kenapa gak jadi di fakultas Galih ? Gue bilang kan di situ aja.." Nida protes.. Gue hanya bisa jawab.. "Ntar loe basah kuyup.. Lumayan kan jalan dari fakultas Galih ke fakultas loe ? Udah, gue antar langsung ke fakultas loe aja.." Gue jawab gitu, sok ganteng.. Padahal yang ada dalam pikiran gue.. "Gue harus berteduh.. Mati gue kalau pulang keadaannya begini.. Berteduh dimana ya ? Ah, di fakultas Nida aja deh.. Rasanya di situ tempat parkirnya pakai atap.."

Ternyata gak semudah gue.. Jalan di universitas ternyata banjir bandang gila !! Yang gue yakin dalamnya banjir akan bikin semut dewasa mati hanyut.. Gue was-was kalau mendadak mogok.. Tapi gue yakin, Revo gue gak akan nyerah semudah itu !! Gue bangkit n melewati banjir.. Revo meraung-raung n Nida masih ngomel-ngomel.. "Lebat banget, lebat banget, rok gue basah, etc.."

Alhamdulillah, akhirnya gue sampai di fakultas Nida dengan kondisi kebasahan 70%.. Aneh sekali, padahal sudah pakai jas hujan.. Tas gue juga ikut-ikutan basah.. Bisanya ngikut-ngikut aja loe.. Nida masih ngomong panjang lebar, ngejelasin titik dimana kami berhenti tadi, di fakultas Galih.. N gue baru sadar betapa dekatnya titik itu dengan tempat gue berdiri sekarang.. Jadi alasan gue "biar loe gak basah kuyup" seperti terdengar omong kosong belaka..

Hujan belum begitu teduh.. Berhubung gue udah basah kuyup, gue ngajak Nida pulang.. Akhirnya kami pulang, n gue membawa oleh-oleh basah, pusing, n merasa mau kolaps.. Wajah Andre kembali muncul, n gue hanya bisa tersenyum n berkata.. "Aku berhasil guru.." Kemudian jatuh pingsan seperti adegan dramatisasi kreatif yang sering ada di televisi..

Wajah itu pun tertawa, n gue terlelap dalam damai..

*Kondisi Revo gue pasca kejadian..*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar